Monday, April 24, 2017

MotoGP 2017 - Profil Team dan Pembalap Aspar Ducati


MotoGP 2017 - Profil Team dan Pembalap Aspar Ducati

Aspar Ducati merupakan salah satu tim yang ikut meramaikan ajang MotoGP 2017. Team ini didirikan oleh mantan pembalap Jorge Martinez, pada tahun 1992 ketika dia masih aktif menjadi pembalap. 



"Saya berada didunia yang membuat saya sangat kecanduan balapan, setelah saya berhenti sebagai pembalap, saya ingin tetap dekat dengan dunia balap ini, sehingga saya membuat Aspar Racing Team." Kata pria yang dijuluki Aspar saat masih menjadi pembalap.

Pada musim ini, Aspar akan diperkuat oleh dua pembalap yang cukup berpengalaman di arena MotoGP, Karel Abraham dan Alvaro BautistaPrestasi Aspar memang cukup gemilang ketika masih bertanding di kelas 125cc dan 250cc. Akhirnya, Martinez pun memutuskan untuk terjun ke kelas pada musim 2012. Sayang, prestasi Aspar Racing Tim tidak secemerlang di kelas sebelumnya.


Profil Pembalap Aspar Ducati

Karel Abraham


Karel Abraham - Aspar Ducati Team


Nama lengkapKarel Abraham
Tempat & tanggal lahirBrno Rep Ceko 2 Januari 1990
Tinggi Badan181 cm
Warga negaraCeko
TimAspar Ducati
No17
Debut pembalap Karel diawalinya di kelas 125cc pada tahun 2005. Selama dua musim di kejuaraan tersebut, Karel sama sekali tidak mampu menunjukkan performa yang memuaskan. Meski demikian, ia dengan mudah naik kelas 250cc di tahun 2007-2009. Di sepanjang musim kelas 250cc, Karel juga sering gagal meraih poin dan selalu berada di urutan buncit. Pada 2010, Karel mencoba mengikuti kejuaraan Moto2 dengan mesin 600cc. Prestasinya cukup baik dengan mencapai posisi ke-3 di salah satu grand prix di Motegi. Selain itu, ia pun mampu menjadi juara pada GP Valencia yang merupakan menjadi seri terbaiknya di musim 2010. Selama berkarir di kelas premier, Abraham pun sempat digandeng oleh tim satelit Honda tepatnya pada tahun 2014 dan 2015 sebelum Ia memutuskan pindah ke WSBK.Kini di musim 2017 Karel akan kembali melengkapi line up Aspar di kelas MotoGP untuk menggantikan posisi Yonny Hernandez. Satu musim Abraham mengaspal bersama tim Milwaukee BMW di kelas WSBK barangkali bisa membawa perubahan untuk tim satelit Ducati tersebut.



Alvaro Bautista

Alvaro Bautista - Aspar Ducati



Nama lengkapAlvaro Bautista
Tempat & tanggal lahirTalavera de la Reina Spanyol 21 November 1984
Tinggi Badan169 cm
Warga negaraSpanyol
TimAspar Ducati
No19
Karir Bautista di ajang grand prix dimulai pada tahun 2002. Debut pertamanya tak berjalan mulus sebab kendala finansial dan sponsor memaksanya untuk membalap hanya tiga seri saja dalam satu musim. Tahun berikutnya Alvaro Bautista mendapat sponsor yang mumpuni dan sanggup menuntaskan 16 race dalam satu musim meski hanya mengemas 31 poin. Sejak saat itu Ia memulai perjalanan karir yang panjang di ajang grand prix. Bahkan di musim 2017 ini menjadi tahun ke-16 baginya. Segudang pengalaman mengaspal dengan berbagai corak pabrikan dan mesin tentu menjadi amunisi lengkap bagi Alvaro Bautista untuk membawa tim Aspar ke arena kompetisi.

Pada tahun 2012, Alvaro Bautista memutuskan untuk pindah haluan ke Tim Honda. Bersama tim Honda Gresini, ia berhasil menduduki peringkat lima di akhir klasemen yang merupakan rekor terbaik yang pernah diraih oleh seorang Alvaro Bautista. Saat itu, ia mengantongi 178 poin dalam satu kali pole position di Silverstone dan dua kali podium ketiga di GP Misano dan Motegi. Segudang pengalaman mengaspal dengan berbagai corak mesin serta pabrikan tentu menjadi senjata tersendiri bagi Alvaro Bautista untuk membawa tim Aspar Ducati ke arena kompetisi musim 2017 ini.

No comments:

Post a Comment