Sunday, April 23, 2017

MotoGP 2017 Profil Team dan Pembalap Aprilia Gresini

MotoGP 2017 - Profil Team dan Pembalap Aprilia Gresini 

Aprilia Gresini 

Kiprah team asal Italia ini berawal ditahun 2002, Dengan kecanggihan motor RS Cube yang mereka bawa, team ini mampu bersaing ketat dengan team lainnya, sayang motor hebat tersebut sangat sulit dikendalikan sehingga membuat pembalapnya, Noriyuki Haga, sering terjatuh yaitu sebanyak 28 kali di musim 2013
Namun pada tahun 2003 tim ini dirundung duka karena kematian sang pembalap utama yaitu Daijiro Kato. Pembalap kebanggaan negeri matahari itu, mengalami kecelakan di sirkuit Suzuka Jepang 2003. Sementara rekan setimnya, Sete Gibernau berhasil memenangkan 4 seri dan menduduki podium kedua yang dipersembahkan untuk Kato. Prestasi Gibernau terus ditorehkan pada tahun 2004-2005 dengan menjadi rival terkuat juara dunia saat itu, Valentino Rossi. Prestasi Gibernau di Gresini Racing bahkan lebih baik dari Repsol Honda yang merupakan tim utama. Tahun 2011 Gresini Racing tampil dengan format yang lebih segar, yaitu menggunakan 2 orang mantan juara dunia di kelas GP 250cc Hiroshi Aoyama berduet dengan Marci Simoncelli. Simoncelli kemudian tewas akibat kecelakaan di Sirkuit Sepang dan posisinya untuk musim 2012 digantikan oleh Alvaro Bautista. Pada musim 2017 ini, tim Aprilia melaunching livery motor mereka yang dilangsungkan di Noale, Italia. Mereka menjadi tim pabrikan terakhir yang meluncurkan motor balap untuk melenggang di lintasan MotoGP nanti. Berbeda dengan musim lalu, motor Aprilia menampilkan warna baru yang lebih berani. Pewarnaan tersebut dari racikan Aldo Drudi sehingga memberikan semangat baru yang akan membawa motor Aprilia RS-GP tersebut. Aprilia menggunakan tri color bendera Italia dan dilihat dari segi sponsor, sepertinya tim ini mendapat tambahan sponsor di musim 2017. Dimusim ini Team 
Aprilia Racing Team Gresini membawa pembalap andalan mereka yaitu Sam Lowe dan Aleix Espargaro,  

Profil Pembalap Aprilia Gresini
Sam Lowes


Sam Lowes - Aprilia Gresini Team

Nama lengkapSamuel Deane “Sam” Lowes
Tempat & tanggal lahirLincoln Inggris 14 September 1990
Tinggi Badan168 cm
Warga negaraInggris
TimAprilia Gresini
No22

Sam memulai karir balap dari ajang Super Sport Championship yang mana ia berhasil gelar juara dunia sebelum berlaga dikelas Moto2. dia mengaku sangat kecewa dengan hasil yang di raihnya pada seri pembuka MotoGP 2017 ini. Mendapat perolehan buruk, Lowes mengaku telah banyak belajar. Meski menempati posisi akhir, ia tetap tidak putus asa dan bertekad untuk mengejar kekalahannya di GP Argentina nanti. Aleix Espargaro juga mengatakan kepada Lowes harus sedikit bersabar ketika menjalani debutnya di MotoGP 2017 tersebut. Di tahun 2016, rider 26 tahun tersebut dikontrak tim Federal Oil Gresini yang tergabung dalam pabrikan kalex. Hasil positif yang diraih Lowes bersama tim kalex adalah meraih dua kali podium pertama dan menutup musim dengan mengumpulkan 175 poin.
Aleix Espargaro


Aleix Espargaro - Aprilia Gresini Team

Nama lengkapAleix Espargaro
Tempat & tanggal lahirGranollers Spanyol 30 Juli 1989
Tinggi Badan180 cm
Warga negaraSpanyol
TimAprilia Gresini
No41
Tidak jauh berbeda dari rekan satu team Sam Lowes, Aleix Espargaro juga pembalap baru di Aprilia Racing Team Gresini musim 2017 ini. Sebelumnya ia membela Tim Suzuki Ecstar selama dua musim. Meskipun belum ada prestasi mencolok dari Aleix, namun ia mampu membuktikan cukup prima dalam sirkuit perdana di Qatar beberapa waktu yang lalu. Ia berhasil masuk 10 besar, tepatnya di urutan ke-6 setelah Dani Pedrosa dan sebelum Scott Redding. Sedangkan rekan setimnya, Lowes harus berbesar hati finish di urutan akhir yaitu ke-18.
Pada tahun 2011, Aleix Espargaro berpindah haluan dari Ducati ke Yamaha. Di bawah payung tim Forward Yamaha, Aleix berhasil meraih podium dua di Aragon dan mengakhiri musim di peringkat tujuh. Bersama Forward, Aleix membukukan karir terbaiknya sejak tahun 2004 melahap lintasan di ajang grand prix.

No comments:

Post a Comment