Tuesday, June 19, 2018

Apa itu Millenial

Apa itu Millenial?

Generasi Millennals atau sering disebut generasi Y adalah orang yang lahir pada tahun 1980 - 2000an, dengan kata lain generasi yang berumur 17-37 pada tahun ini termasuk generasi Millennials. Generasi Millennials dianggap special karena sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal teknologi.
Sekitar 80 juta penduduk di Indonesia merupakan generasi Millennials yang bisa menjadi aset untuk membangun bangsa dengan kemampuan berfikir mereka dan bisa dikatakan dengan sangat mudah untuk menciptakan hal yang baru dan bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya. Tampaknya generasi Millennials banyak yang belum tersadar dengan kemampuan teknologi dan informasi yang ada, dan yang terjadi adalah sebaliknya yaitu mereka cenderung melakukan hal-hal yang tidak rasional dan tergolong kearah kekonyolan padahal segala informasi tumpah ruah tanpa ada batasan sedikitpun untuk pengembangan diri dan bisa bermanfaat untuk orang banyak.
Ciri khas generasi Millennials yaitu mereka yang terlahir saat televisi berwarna, handphone dan internet sudah diperkenalkan, bisa dikatakan mereka sudah mahir dalam teknologi ketika mereka lahir.
Namun sayang generasi Millennials memiliki sifat yang egois,selalu ingin diperhatikan, tidak perduli terhadap keadaan sosial disekitar mereka, terlalu percaya diri dengan kemampuan mereka dan membanggakan pola hidup bebas, cenderungan munafik, terlalu sibuk dengan urusannya sendiri serta memiliki visi yang tidak realistis dan terlalu idealistis.
Marilah menjadi generasi Millennials yang bermanfaat

Berfikir Kritis

Terbukalah dengan hal-hal disekitar kita, jangan terima informasi mentah-mentah atau dari satu sisi. Cobalah berfikir kritis apa yang bisa kamu berikan untuk memecahkan masalah disekitar kalian

Menggunakan Sosmed(sosial Media) secara bijak

Sosial media bisa menjadi malapetaka buat kalian dan sekitar kalian, tergantung kalian menggunakannya. Mulai sekarang gunakan media sosial secara bijak, dan hindari segala penyebaran informasi tanpa fakta karena bisa berdampak buruk untuk kalian dan sekitar kalian.

Bantulah Orang Lain

Memikirkan orang lain bukan hanya berarti kalian memperhatikan sanak keluarga kalian, tetapi itu adalah konsep bermasyarakat secara keseluruhan. Karena banyak makna yang terkandung didalamnya terutama makna tentang kehidupan alakah senangnya apanila kalian bermanfaat untuk orang disekitar kalian

Membangun Ide

Buatlah ide yang dapat membantu anda mencapai visi yang realistis anda. Jangan takut diskusikan ide kalian dengan orang-orang disekitar kalian. Jangan takut ide kalian dicuri, karena tidak ada ide yang 100 persen Original.

Buatlah visi realistis

Tentukan visi kalian yang ingin dicapai. bukan visi yang hanya omong kosong belaka. Negara ini membutuhkan anak muda yang visinya jelas dan eksekusi.

Industri Kreatif

Banyak sekali generasi Millennials berpendidikan tinggi masih sibuk mencari lapangan pekerjaan. susah cari kerja? gaji tidak sesuai? itu hanya alasan saja. Buka mata dan sadarlah. Ini zaman industri kreatif, cari masalah disekitar kita dan buatlah startup untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka kalian dapat membantu orang lain yang memiliki masalah sama dengan kalian.

No comments:

Post a Comment